Arsip berita

Pemeringkatan Koperasi Tahun Buku 2020

5 Februari 2021 / Admin

Kepada Pengurus Koperasi se-Surakarta

Menindaklanjuti surat Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Nomor : 03/SE/Dep.1/I/2020 tanggal 27 Januari 2020 perihal Pemeringkatan Koperasi oleh Lembaga Independen Pemeringkat Koperasi, maka bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa koperasi sebagai badan hukum dan badan usaha yang bersifat terbuka, maka kinerjanya harus dapat diukur secara transparan dan obyektif yang dilakukan oleh lembaga independen. Dalam rangka pengukuran kinerja koperasi tersebut perlu dilakukan penilaian melalui sistem pemeringkatan koperasi guna menunjukkan eksistensi, kondisi dan gambaran kinerja yang dicapai secara periodik.
  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor: 21/Per/M.KUKM/IX/2015 tanggal 15 September 2015 tentang Pemeringkatan Koperasi, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Deputi Bidang Kelembagaan Nomor: 06/Per/Dep-1/IV/2018 tanggal 3 April 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur dan Tugas Pokok Serta Tanggung Jawab Lembaga Independen Pemeringkatan Koperasi (LIPK), Pemeringkatan Koperasi bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kualitas koperasi, yang diharapkan memiliki kinerja baik di bidang kelembagaan, usaha dan keuangan serta manfaat bagi anggota dan masyarakat. Hasil pemeringkatan koperasi pada setiap akhir periode, perlu diinformasikan kepada pihak yang berkepentingan seperti : anggota, perbankan, mitra usaha dan lembaga lainnya termasuk Pemerintah/Dinas.
  3. Pelaksanaan Pemeringkatan Koperasi sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No. 21/Per/M.KUKM/IX/2015 harus dilakukan oleh Lembaga Independen Pemeringkatan Koperasi (LIPK), yang telah mendapatkan pengesahan dan lisensi dari Deputi Bidang Kelembagaan untuk melaksanakan Pemeringkatan Koperasi.
  4. Pada Tahun Anggaran 2021, Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta memberikan fasilitasi pemeringkatan kepada 20 (dua puluh) koperasi, dimana biaya pelaksanaan pemeringkatan oleh Lembaga Independen Pemeringkatan Koperasi (LIPK) dibiayai oleh Dinas.


Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka kami minta Pengurus koperasi di Kota Surakarta untuk dapat mendaftarkan koperasinya untuk dilakukan pemeringkatan di Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta paling lambat tanggal 30 Maret 2021. Pendaftaran dan informasi lebih lanjut silahkan download Surat Edaran Pemeringkatan Koperasi TB 2020.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

Kategori UKM
Berita terkini